Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Begini Cara Mudah Mengatasi USB Not Recognized Saat Digunakan | Mudah Banget

 Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

wonderfulengineering.com

Pernahkah Anda mentransfer file dari ponsel ke komputer atau sebaliknya? Apabila pernah, pasti Anda sudah tidak kaget dengan berbagai masalah yang kerap muncul. Salah satu masalah yang kerap muncul dalam proses transfer file menggunakan USB adalah USB not recognized. Ketika menjumpai tersebut, apa yang biasanya Anda lakukan? Tentunya Anda akan mencari berbagai cara mengatasi USB not recognized yang paling mudah bukan?

Seperti yang diketahui, permasalahan tersebut merupakan masalah umum yang sangat kerap dijumpai. Oleh karena itu, untuk mengatasinya pun terdapat banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan. Penasaran cara apa saja yang telah terbukti ampuh dan mudah untuk mengatasi permasalahan USB not recognized? Yuk simak informasi berikut ini dengan seksama untuk mengatasi masalah USB not recognized!

Cara Mengatasi USB Not Recognized : Cabut dan Pasang Kembali Kabel USB

Cara mudah pertama yang bisa Anda lakukan saat mengatasi USB not recognized adalah mencabut dan memasang kembali kabel USB. Sesaat setelah Anda mendapat notifikasi USB not recognized pada taskbar komputer, Anda dapat langsung mempraktikkan cara ini.

Bagi sebagian kasus, cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalah tersebut. Apabila Anda masalah tidak kunjung hilang dalam sekali percobaan, maka tunggulah beberapa saat. Setelah menunggu, cobalah ulangi cara ini beberapa kali. Namun apabila tidak kunjung berhasil, maka mau tidak mau Anda harus mencoba cara lain.

Menyambungkan Kabel USB ke Port yang Berbeda

Apabila cara pertama, yakni mencabut dan memasang kembali kabel USB tidak berhasil, maka Anda harus mencoba cara kedua ini. Tak kalah mudah dengan cara pertama, cara kedua ini dapat Anda coba dengan super gampang. Untuk melakukannya, Anda harus menyambungkan kabel USB tersebut ke port lain yang ada pada komputer.

Cara ini juga dapat digunakan untuk menguji apakah port USB atau port pada laptop Anda bermasalah. Hal tersebut sering dilakukan oleh para pengguna karena tak jarang ditemukan adanya kondisi port USB ataupun komputer yang longgar. Kondisi longgarnya port USB atau komputer tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, apabila masalah tersebut sudah terdeteksi, segera lakukan tindakan penanganan lanjutan dengan mengganti komponen tersebut.

Restart Komputer

Apabila beberapa cara di atas tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba cara lainnya. Merestart komputer menjadi salah satu cara terbaik dan mudah dilakukan untuk mengatasi USB not recognized. Cara ini bisa dilakukan apabila Anda merasa bahwa komputer yang Anda gunakan terlalu berat untuk membaca sebuah perangkat USB.

Langkah-langkah untuk merestart komputer sangatlah mudah. Sebelum merestart, pastikan semua pekerjaan Anda telah tersimpan dengan baik. Setelah itu, tutup semua windows yang aktif. Setelah itu, klik pada logo Windows yang ada pada pojok kiri bawah komputer Anda. Pilih menu “Power” kemudian klik pada pilihan “Restart”.

Setelah mengklik tombol Restart, maka komputer Anda akan mati dan kemudian secara otomatis mampu hidup kembali. Proses restart dapat dilakukan dengan cepat, yakni berkisar 30 detik hingga 1 menit saja. Apabila sudah di restart, segeralah coba menghubungkan kembali perangkat USB dengan komputer.

Mencabut dan Menghubungkan Kembali Power Supply

Cara mudah lainnya untuk mengatasi masalah USB not recognized ketika disambungkan ke komputer adalah dengan mencabut power supply. Power supply merupakan sumber energi utama dari sebuah komputer. Oleh karena itu, dengan mencabut power supply, maka komputer Anda akan mati sementara waktu.

Untuk melakukan cara ini, carilah power supply yang berada di belakang CPU komputer Anda. Kabel dari power supply umumnya berukuran besar sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Cabutlah kabel tersebut kemudian tunggu beberapa saat. Berilah waktu istirahat untuk komponen komputer Anda. Setelah cukup beristirahat, hubungkan kembali kabel power supply ke CPU komputer. Setelah itu, cobalah hidupkan komputer dan pasangkan USBnya.

Menghapus Instalan Driver USB

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap perangkat yang dapat terhubung ke komputer pasti memiliki instalan driver. Begitu pula dengan perangkat USB yang memiliki instalan driver di komputer. Menurut berbagai sumber yang telah terbukti keakuratannya, cara untuk mengatasi USB not recognized lainnya adalah dengan menghapus instalan drivernya.

Untuk bisa melakukan cara ini bisa dibilang tidak mudah. Terdapat beberapa langkah yang harus Anda ikuti secara runtut agar berhasil. Berikut ini adalah langkah-langkah menghapus instalan driver USB untuk mengatasi USB not recognized.

Membuka Device Manager

Untuk membuka Device Manager, yang perlu Anda lakukan adalah membuka pencarian Windows. Tekan tombol berlogo Windows pada keyboard kemudian ketikkan “Device Manager”, lalu tekan Enter. Tunggu beberapa saat hingga Anda berhasil menemukan menu Device Manager.

Pilih Disk Drive

Apabila Anda telah berhasil membuka Device Manager, lalu carilah menu Disk Drive yang terdapat pada daftar menu di sebelah kiri. Pilihlah perangkat USB yang ingin Anda hapus instalannya lalu klik perangkat tersebut.

Hapus Instalan Driver

Langkah terakhir untuk menghapus instalan driver yakni meng-uninstallnya. Setelah klik pada perangkat USB yang ingin Anda hapus, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada perangkat yang sama. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan, pilihkan menu “Uninstall Driver”. Ikuti semua langkah-langkahnya dan Anda akan segera dapat menghapus instalannya.

Setelah Anda mengikuti beberapa langkah di atas, maka tunggulah beberapa saat. Setelah menunggu, cobalah hubungkan kembali perangkat USB Anda tersebut ke komputer.

Mematikan Power Management pada USB Root Hub

Cara mudah terakhir untuk memecahkan masalah USB not recognized adalah dengan mematikan power management yang ada pada USB Root Hub. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik Start yang berada di pojok kiri bawah komputer kemudian ketik “Device Manager” untuk memulai pencarian.
  2. Setelah Device Manager terbuka, klik Universal Serial Bus Controllers yang berada pada sebelah kiri dari menu Device Manager.
  3. Pilih USB Root Hub kemudian lanjutkan dengan memilih menu Power Management.
  4. Setelah halaman menu Power Management terbuka, hapus tanda checklist yang ada pada bagian allow computer to turn off this device to save power, lalu klik Ok.


Akhir Kata

Ada begitu banyak cara mengatasi USB not recognized yang paling mudah bukan? Apakah Anda telah mempraktekannya? Cara penyelesaian bagi setiap kasus memang berbeda-beda karena semua kasus bergantung pada kondisi komputer serta perangkat USBnya.

Maka dari itu, cobalah dari cara pertama kemudian perlahan turun hingga cara ke-enam apabila tidak kunjung berhasil. Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah USB not recognized dengan efektif. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar